Get me outta here!

Friday, January 24, 2020

Sistem Print Kain yang Paling Umum Digunakan


Kain yang beredar di pasaran memiliki banyak pilihan warna, corak, model, dan jenis bahan yang digunakan sehingga lebih mudah dipilih sesuai keinginan. Namun siapa sangka ternyata kita sudah bisa print kain sendiri dengan desain yang diinginkan karena sudah banyak jasa print kain yang baru mencetak kain sesuai pesanan pelanggannya.

Sistem Print Kain yang Paling Umum Digunakan

Sistem yang Digunakan Untuk Print Kain
Biasanya corak dan pola pada permukaan kain memiliki tekstur dan tampilan yang berbeda-beda karena memiliki sistem cetak yang berbeda. Biasanya sistem print kain yang digunakan akan disesuaikan dengan permintaan konsumen dan juga jenis kain yang digunakan.

1.       Sistem Sublime
Sistem ini akan menggunakan suatu kertas khusus sebagai media untuk mentransfer tinta kemudian kertas akan di press pada kain dengan tingkat tertentu. Sistem ini bisa menggunakan mesin press khusus untuk mempermudah dan mempercepat proses pengerjaan.

Biasanya pada mesin, terdapat sistem roll to roll yang memungkinkan bagian head press untuk bekerja dalam sistem mencetak gulungan kain dengan ukuran panjang lebih dari 10 meter. Hal ini memungkinkan mesin untuk mencetak dalam skala besar yang biasanya akan lebih menghemat biaya produksi.

Sayangnya terdapat kekurangan pada sistem ini yaitu sistem sublime hanya dapat digunakan pada kain polos saja dan tidak dapat digunakan pada kain bermotif. Contohnya penggunaan satu warna saja seperti kain warna hitam, putih, dan lain-lain.

2.       Sistem Hand Press
Sistem Hand Press sering digunakan pada jenis kain kaos seperti bahan kain 20s dan kain 30s. Dengan menggunakan sistem ini, proses cetak kain tidak perlu lagi menggunakan lembaran kain seperti kain polyester yang biasanya digunakan dalam proses cetak kain menggunakan sublimasi polyester. Namun sistem ini hanya dapat mencetak kain dengan ukuran panjang area yang terbatas.

3.       Sablon
Sistem cetak kain yang juga umum digunakan yaitu dengan menggunakan tinta sablon bahkan orang-orang lebih mengenal sablon daripada sistem yang lain. Biasanya warna tinta yang akan digunakan tidak akan mudah bercampur dengan warna dasar kain yang digunakan sehingga warna tinta sablon akan terlihat lebih jelas.

Sablon tidak lagi menggunakan tipe warna CMYK membuatnya dapat menghasilkan warna yang jelas di atas kain. Hal ini yang membuat orang-orang menyukai print kain dengan tinta sablon karena warna yang tidak akan tercampur dengan warna kain dan mampu menutupi warna kain sepenuhnya.

Sebenarnya masih banyak sistem yang digunakan dalam proses print kain namun sistem inilah yang paling sering digunakan oleh jasa cetak kain. Apabila anda ingin mencetak kain dengan desain yang diingankan, bisa di custom.co.id yang menyediakan jasa print kain yang pastinya berkualitas dengan banyaknya pilihan jenis kain dan warna.

Deskripsi : print kain biasanya memberikan hasil yang berbeda karena menggunakan sistem cetak yang berbeda-beda sesuai dengan permintaan konsumen.